F F KI dan KD Komputer dan Jaringan Dasar ~ SMK Negeri 4 Baubau Belajar Bersama Seamolec
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA BELAJAR BERSAMA SATU GURU SATU BLOG (SAGUSABLOG)

KI dan KD Komputer dan Jaringan Dasar

KELAS                       : X
Jumlah Jam Pelajaran : 72 JP ( 4 JP x 18 Minggu Efektif)

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI DASAR KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR


3.1   Menerapkan K3LH disesuaikan dengan lingkungan kerja

4.1    Melaksanakan K3LH
dilingkungan kerja

3.2   Menerapkan perakitan komputer

4.2    Merakit komputer

3.3   Menerapkan pengujian perakitan komputer

4.3    Menguji kinerja komputer

3.4   Menerapkan konfigurasi BIOS
pada komputer

4.4    Melakukan seting BIOS

3.5   Menerapkan instalasi sistem operasi

4.5    Menginstalasi sistem operasi

3.6   Menerapkan instalasi driver
perangkat keras komputer

4.6     Menginstalasi driver perangkat keras komputer

3.7   Menerapkan instalasi software aplikasi

4.7    Menginstalasi software aplikasi

3.8   Menerapkan perawatan perangkat keras komputer

4.8     Melakukan perawatan perangkat keras komputer

3.9   Menganalisis permasalahan pada perangkat keras

4.9     Melakukan perbaikan pada perangkat keras

3.10 Menganalisis permasalahan pada instalasi software aplikasi

4.10  Mengelola perbaikan pada instalasi software aplikasi

3.11 Menerapkan instalasi jaringan komputer

4.11  Menginstalasi jaringan komputer

3.12 Menerapkan pengalamanatan
IP pada jaringan komputer

4.12  Mengkonfigurasi pengalamatan
IP pada jaringan komputer

3.13 Menerapkan sumber daya berbagi pakai pada jaringan komputer

4.13  Menginstalasi sumber daya berbagi pakai pada jaringan komputer

3.14 Menerapkan instalasi koneksi internet pada workstation

4.14  Menginstalasi koneksi internet pada workstation

3.15 Mengevaluasi desain jaringan lokal (LAN)

4.15 Mendesain jaringan lokal (LAN)

3.16 Menerapkan instalasi jaringan lokal (LAN)

4.16  Menginstalasi jaringan lokal
(LAN)

3.17 Menerapkan perawatan jaringan lokal (LAN)

4.17  Melakukan perawatan jaringan lokal (LAN)

3.18 Menganalisis permasalahan pada jaringan lokal (LAN)

4.18  Mengelola perbaikan pada jaringan lokal (LAN)
Kelengkapan Administrasi Guru  Buku Kerja 1  Donwload di sini  
Analisis SKL, 
Kriteria Ketuntasan Minimum  ,
SILABUSS  RPP




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Hari ini

SOAL ULANGAN

Cari Blog Ini

Mengenai Saya

Foto saya
Saya asal Kota Baubau, Sulawesi Tenggara adalah lulusan S1 Sistem Komputer dari STMIK Bina Bangsa Kendari . Setelah lulus, beliau menjadi seorang guru di SMK Negeri 4 Baubau Kota Baubau merupakan hal yang menyenangkan Pengalaman mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak membuat saya semakin memahami filosofi Ki Hajar Dewantara. Sejak mengikuti PGP, saya langsung menerapkan apa yang diperoleh dalam pembelajaran dengan anak murid di sekolah saya , yaitu dengan memberikan tugas yang sesuai dengan minat dan bakat anak. Para siswa menjadi lebih bersemangat dan menunjukkan kreativitas dalam proses pembelajaran berpesan kepada guru-guru di seluruh Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam Program Pendidikan Guru Penggerak dan menjadi agen transformasi pendidikan di Indonesia dan juga seseorang yang selalu tertarik untuk belajar hal-hal baru dan mengembangkan diri. Saya memiliki semangat tinggi dalam setiap pekerjaan yang saya lakukan dan senang berkolaborasi dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Dengan sikap positif dan rasa tanggung jawab yang kuat,

Arsip Blog

Recent Posts